Syarat dan Ketentuan Lomba


1. Lomba tahfidz juz 30 
a. Peserta merupakan peserta didik MTS/SMP sederajat se-DKI Jakarta
b. Setiap sekolah tidak dibatasi jumlah pengiriman peserta
c. Peserta berpakaian sopan dan rapi mencerminkan seorang muslim
d. Peserta yang dipanggil berdasarkan nomor urut peserta 
e. Juz yang dilombakan adalah Juz 30
f. Ta’awudz dan basmallah hanya dimulai saat menjawab soal pertama saja
g. Jumlah soal ada 5 dengan bentuk soal:
Membaca satu surat penuh (Qs.At –Takwir)
Melanjutkan 4-8 ayat berikutnya (2 soal)
Melanjutkan sampai surat berikutnya (1 soal)
Menebak nama surat (1 soal)
h. Peserta yang salah diingatkan oleh juri dengan ketukan atau bel
i. Apabila 3 kali diingatkan masih salah, maka dilanjutkan ke soal berikutnya
j. Ketentuan ketukan/bel:
Bel 1 kali : Peringatan kesalahan
Bel 2 kali : Jawaban selesai dan/atau di ganti soal
Bel 3 kali : selesai
k. Ketika ada peserta yang tampil, maka dilarang tepuk tangan, teriak, memberi tahu, atau melakukan hal-hal yang dapat mengganggu peserta tampil
l. Kriteria Penilaian:
Dalam perlombaan hapalan Al Qur’an, aspek yang dinilai sebagai berikut:
Tajwid 30%
Kelancaran hapalan 30%
Irama 30%
Penampilan 10 %
2. Lomba Story Telling 
a. Peserta merupakan peserta didik MTS/SMP sederajat se-DKI Jakarta
b. Setiap sekolah tidak dibatasi jumlah pengiriman peserta
c. Peserta berpakaian sopan dan rapi mencerminkan seorang muslim 
d. Tema dalam perlombaan story telling adalah “Tokoh Perempuan dalam Islam”
e. Peserta yang dipanggil berdasarkan nomor urut peserta 
f. Durasi peserta maksimal 8 menit
g. Peserta membuat teks story telling dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia
h. Peserta diperkenankan membawa properti tambahan yang mendukung penampilan
m. Ketentuan ketukan/bel:
Ketukan pertama (satu ketuk) : tanda memulai cerita
Ketukan kedua (dua ketuk) : tanda waktu tersisa 1 menit
Ketukan ketiga (tiga ketuk) : tanda waktu telah habis
n. Kriteria Penilaian:
Dalam perlombaan story telling, aspek yang dinilai sebagai berikut:
Naskah dan Isi Cerita 30%
Pengembangan Imajinasi 30%
Retorika penyampaian cerita 30%
Kreatifitas         10 %